OSIS SMPN 2 KOTABARU


       Sejalan dengan kebijakan pemerintah yang tertuang dalam TP MPR. IV/MPR/1978 yang membuat strategi pembinaan dan pengembangan generasi muda, Menteri Pendidikan Pemuda dan Olah Raga dan keputusan nomor 0323/V/1978 pola dasar Pembinaan dan pengembangan generasi muda yaitu :
        “ Pembinaan dan pengembagan Generasi Muda di arahkan untuk mempersiapkan kader penerus   perjuangan bangsa dan pembangunan nasional dengan meberikan bekal ketrampilan , kesegaran jasmani, daya kreasi, patriotisme, Idealisme kepribadiaan dan budi pekerti luhur”.
         Berdasarkan konsep di atas maka pembinaan kesiswaan di SMP Negeri 2 Kotabaru mengupayakan generasi penerus yang sejalan dengan cita-cita nasional.
     


Pembinaan kesiswaan dimaksudkan adalah untuk meningkatkan peran serta dan inisiatif para siswa untuk menjadikansekolah sebagai sekolah sebagai wawasan wiyata mandala, menumbuhkan daya angkal pada diri siswa terhadap pengarun negetif, memantapkan kegiatan ektrakulikuler dalam menunjang pencapaian kurikulum, meningkatkan apresiasi dan penghayatan, menumbhkan sikap berbangsa dan bernegara meneruskan dan mengembang. Jiwa semangat serta nilai-nilai 45, serta meningkatkan kesegeran danrohani.
       Dalam mewujudkan keberhasilan pembiaan kesiswaan di tetapka 4 (empat)jalur pembinaan kesiswaan di sekolah salah satu dari 4 (empat) jalur pembinaan tersebut adaah melalui Organisasi Intra Sekolah (OSIS). OSIS sebagai salah satu jalur pembinaan kesiswaan di sekolah mempunyai peranan penting yaitu sebagai wadah kegiatan pembinaan siswa, dan juga sebagai motivator yang mendorong lahirnya keinginan dan semangat para siswa untuk berbuat sesuatu kegiatan bersama dalam mencapai tujuan.
          Selain peranan di atas, OSIS juga diharapkan mampu “ Meningkatkan nlai-nilai ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, kesadaran berbangsa dan bernegara juga cinta tanah air. Kepribadian dan budi pekerti luhur, kemampuan berorganisasi, pendidikan politik dan kepemimpinan, ketrampilan, kemandirian dan kepercayaan diri, kesegaran jasmani dan rohani serta menghargai dan mewujudkan nilai-nilai seni dan mengembangkan kreasi seni.